RSS

Bindi…(lanjutan)

24 Agu

Dari Darah Hewan Ke Bahan Kumkum

Dulu, warna merah bindi berasal dari darah hewan yang di persembanhkan kepada Dewi, ketika untuk pertama kalinya memasuki rumah suaminya. Kemudian simbol darah darah di gantikan oleh bahan kumkum yang terbuat dari campuran bahan-bahan alami khas India. Di India ”kumkum” ini merupakan bahan unik dan punya peran besar dalam tradisi perkawinan di India. Dan biasanya, pada setiap wanita India bertamu, maka saling menawarkan ”kumkum” karena di percaya membawa berkah. Namun yang demikian ini hanya berlaku di kalangan kasta Brahmana.

,

 Bindi Di India Sekarang

Seiring dengan perkembangan jaman yang diikuti dengan gerak laju perkembangan teknologinya, maka pembuatan bindi pun mengalami pergeseran. Kalau dulu-dulunya bindi di buat sendiri, lalu 15 tahun terakhir ini bindi tidak lagi di bikin sendiri, melainkan sudah ada dalam bentuk sticker yang terbuat dari bludru. Lebih praktis setelah darah hewan, kemudian kumkum yang bersiafat cair, ini pun sekarang di ganti oleh bubuk ”sindor” yang bersifat lebih padat, lengket semacam stiker yang bisa di lepas kembali.

Bindi sekarang tak lagi meresahkan para wanita India, karena telah memiliki pandangan dan penilaian lain, bahwa pengorbanan yang sesungguhnya tidaklah terletak pada keaslian bindi, melainkan pada pembuktian yang nyata. Cara pandang yang demikian itu akhirnya juga menjadikan bentuk dan warna bindi pun sudah beragam. Dan para gadis India sekarang lebih suka bereksperimen dalam memakai bindi, bahkan ada yang membuat pola bindi sendiri.

 

Bindi Bagi Laki-Laki

Pamakaian bindi d India pada dasarnya tidak hanya terbatas pada kaum wanitanya, tetapi juga bagi para lelakinya dan juga pada anak-anak. Tetapi sisi tujuannya berbeda. Bagi pria, bindi di kenakan secara khusus, ketika ia merasa lemah dalam konsentrasi dan pendalaman pikiran, sebab bindi di artikan sebagai Chakra ke enam yang mewakili buat kreativitas, kecendasan dan penciptaa. (cakThoL)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Agustus 24, 2011 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: